Join Untuk Berlangganan Informasi Menarik

Panduan Dasar Membangun Bisnis Toko Online

Dengan mengunjungi website ini, maka Saya dapat memastikan bahwa Anda sebenarnya sedang membutuhkan informasi yang berkaitan dengan seluk beluk Bisnis Toko Online.

Sebelum membaca artikel  lainnya yang ada di tempat ini, alangkah baiknya jika Anda meluangkan waktu beberapa saat untuk membaca pengantar Panduan Dasar Membangun Bisnis Toko Online yang ada di halaman ini.

Dengan membaca panduan singkat tentang Belajar Membangun Bisnis Toko Online ini, diharapkan para pemula akan memahami apa itu Toko Online, Apa saja yang bisa dijual lewat Toko Online, Apa keuntungan memiliki Toko Online, apa yang harus dipersiapkan sebelum memiliki Toko Online dan lain-lain.

Oke langsung saja dan berikut ini penjelasannya

Apa itu Toko Online?

Sebenarnya keberadaan Toko Online itu sama saja dengan Toko Offline. Hanya saja zona bisnisnya saja yang berbeda. Kalau Toko Offline lebih fokus di dunia nyata (berhubungan secara langsung dengan orang), sedangkan Toko Online fokusnya di dunia maya atau internet (tidak berhubungan secara langsung dengan calon pembeli).

Prinsip dasar dalam menggeluti Bisnis Toko Online

Sebelum Anda mulai berjualan di Internet menggunakan Website Toko Online, pastikan Anda memahami beberapa hal di bawah ini:

  1. Bisnis di Internet itu sama seperti bisnis di dunia nyata. Perlu persiapan yang matang, detail & konsistensi dalam menjalankannya.
  2. Anda harus bisa membangun kepercayaan di mata pelanggang / pembeli. Pastikan barang yang Anda jual serta janji yang Anda sampaikan benar-benar sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di Website Toko Online Anda.
  3. Memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan media teknologi, seperti: Internet & Website.
  4. Anda sudah harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam berjualan secara online, seperti: website, akun social media, produk, foto – foto produk, dan lain sebagainya.
  5. Investasi leher keatas (memperlengkapi secara terus menerus dengan pengetahuan seputar Bisnis Online).
  6. Meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan aktifitas online di dunia maya, baik lewat PC maupun Smart Phone.
  7. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa yang bisa dijual lewat Toko Online?

Ada banyak produk yang bisa dijual di internet. Selain produk fisik & produk digital, Anda juga bisa berjualan tanpa memiliki produk. Karena di Internet Anda bisa menggunakan sistem dropshiping. Tugas utama Anda sebagai seorang dropship hanyalah melakukan pemasaran terhadap produk milik supplier yang sudah menjalin kerjasama dengan Anda.

Alurnya adalah seperti ini: setelah Anda berhasil membuat deal penjualan & si pembeli men-transfer pembayaran ke rekening Anda, maka Anda sebagai seorang dropshiper meneruskan pembayaran tersebut ke rekening milik supplier (Anda mengambil selisih keuntungan) > setelah itu, supplier akan mengirimkan barang ke pembeli.

Dengan demikian Anda (Dropshiper) tidak perlu repot untuk mengerjakan proses packaging dan pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan melakukannya. Enaknya lagi, pada kemasan/ bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim atas nama Anda (si penjual), jadi kredibilitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga.

Apa keuntungan memiliki Toko Online?

Ada banyak keuntungan yang tidak bisa di berikan di bisnis offline ketika Anda membangun bisnis di Internet menggunakan Toko Online.

Berikut ini keuntungannya:

  1. Modal yang di perlukan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Bisnis Offline.
  2. Anda bisa menjalankan Bisnis Anda di mana saja.
  3. Anda bisa bekerja sambil tetap berkumpul bersama keluarga.
  4. Area jangkauan bisnis Anda lebih luas jika dibandingkan dengan bisnis di dunia nyata.
  5. Model pemasaran yang sangat banyak pilihannya, dari yang gratisan sampai yang berbayar.
  6. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Persiapan sebelum mulai terjun di Bisnis Toko Online

Berikut ini beberapa persiapan yang harus Anda kerjakan & sediakan ketika ingin memulai Bisnis dengan menggunakan Website Toko Online:

  1. Anda sudah harus menyediakan Komputer, Smartphone & Jaringan Internet yang bisa mendukung bisnis Anda.
  2. Pastikan produk yang akan dijual sudah siap untuk dipromosikan.
  3. Buat Website Toko Online. Anda bisa buat sendiri maupun menggunakan Jasa Pembuatan Website Toko Online untuk bisnis Anda.
  4. Siapkan email khusus untuk bisnis Anda.
  5. Buat Akun Sosial Media yang akan digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan Website Toko Online Anda maupun untuk tujuan mengintegrasikan dengan Website Anda.
  6. Siapkan Rekening Bank sebagai alat transaksi Anda, seperti: BCA, Mandiri, BRI maupun BNI (usahakan Anda memiliki lebih dari 2 rekening sebagai alternatif pembayaran orang yang akan membeli produk Anda). Kalau bisa, rekening Anda sudah didaftarkan untuk internet banking maupun mobile banking.
  7. Dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui sebelum membaca lebih lanjut tentang artikel – artikel yang ada di website koaru.info.

Regard,
Koaru

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *